Thursday, May 19, 2016

Mau Punya Tulang Kuat? Menurut Studi, Ini Jenis Olahraga yang Bisa Dipilih


Mau Punya Tulang Kuat? Menurut Studi, Ini Jenis Olahraga yang Bisa DipilihJakarta, Selain memperbanyak konsumsi kalsium, ada beberapa jenis olahraga yang bisa Anda lakukan agar tulang tetap kuat dan sehat. Apa saja?

Menurut National Institutes of Health, tulang biasanya akan terus bertambah padat sampai usia Anda mencapai sekitar 30 tahun. Setelah itu, massa tulang akan mulai berkurang seiring pertambahan usia. Sampai akhirnya tulang menjadi semakin rentan mengalami pengeroposan.

Namun ilmuwan dari University of Missouri mengungkapkan bahwa pengeroposan tersebut bisa dikurangi risikonya dengan jenis olahraga tertentu. Beberapa di antaranya adalah berlari dan latihan angkat beban.

Mereka melakukan studi untuk mempelajari kepadatan tulang dengan melibatkan pria berusia 30-65 tahun. Ditemukan bahwa pria yang rutin melakukan olahraga dengan tersebut sepanjang hidup, memiliki kepadatan yang lebih tinggi, dibandingkan dengan mereka yang kurang aktif secara fisik.

"Alasannya, tulang pada dasarnya terus memadatkan diri mereka sendiri. Ketika Anda melakukan latihan fisik seperti berlari dan melompat, tulang beradaptasi dan menjadi lebih kuat," ujar Pamela Hinton, PhD dari University of Missouri, seperti dikutip dari Men's Health, Kamis (19/5/2016).

Latihan angkat beban menurut Hinton juga dapat membantu memadatkan tulang. Ini karena ketika otot berkontraksi saat mengangkat beban, beban pada tulang benar-benar dilatih agar lebih kuat. 

"Sel-sel tulang merespons dengan mengirim sinyal untuk membangun lebih banyak zat pembangun tulang. Nah, Anda dapat memperlambat hilangnya massa tulang yang terjadi seiring penuaan dengan latihan-latihan tersebut," imbuh Hinton. 

Tak perlu latihan terlalu banyak alias berlebihan untuk melatih tulang beradaptasi. Cukup lompat tali 50 kali, berlari 100 langkah, latihan beban dengan tingkat moderat, atau bermain baskert 2-3 kali per pekan. "Jangan lupa, tetap konsultasikan jenis latihan yang tepat ke dokter terlebih dahulu agar tak cedera," pesannya.

No comments: