Friday, April 22, 2016

Catat, Ini 6 Langkah Menyikat Gigi dengan Benar


Catat, Ini 6 Langkah Menyikat Gigi dengan BenarJakarta, Dalam keseharian, sikat gigi sudah menjadi rutinitas. Hanya saja, dalam pelaksanannya, patut diperhatikan apakah teknik menyikat gigi Anda sudah benar atau belum.

Salah dalam menyikat gigi bisa sangat berbahaya untuk kesehatan gigi. Karang gigi dapat timbul, gigi dapat rusak, belum lagi penyakit gusi dapat menyerang. Selain itu, menyikat gigi dengan tidak tepat juga bisa memicu penyakit gusi yang dikenal dengan nama gingivitis.

Gingivitis telah dikaitkan dengan masalah kesehatan lainnya termasuk masalah jantung, penyakit ginjal, diabetes, dan bahkan beberapa jenis kanker. Baru-baru ini, para ilmuwan juga mengungkapkan hubungan antara bakteri berbahaya di mulut dan kanker pankreas.

Walaupun, berbahaya, penelitian menunjukkan hampir setengah responden mengatakan tidak akan pergi ke dokter gigi jika mereka hanya mengalami gusi berdarah. Ironis bukan?

Sementara itu, Dr Mervyn Druian yang menjalankan praktik kedokteran gigi di London menyebutkan rata-rata orang di Inggris memiliki kesehatan mulut yang mengerikan. Kurangnya dana National Health Service (NHS), mahalnya praktik swasta, dan kurangnya tanggung jawab pribadi terhadap masalah kesehatan gigi digadang-gadang sebagai penyebabnya. 

"Kunci menjaga kesehatan gigi sebenarnya sederhana, Anda hanya perlu untuk menjaga pola makan tanpa banyak gula, bertanggung jawab pada kebersihan gigi, dan mengunjungi dokter gigi minimal tiga kali setahun," ujar Druian dikutip dari Daily Mail, Jumat (22/4/2016).

Nah, untuk mencegah terserang penyakit gigi, tim riset dari perusahaan Denplan menunjukkan cara tepat menyikat gigi, dengan langkah berikut ini:

1.Tempatkan kepala sikat gigi Anda pada gigi, lalu miringkan sampai 45 derajat, hingga sejajar dengan garis gusi. Gerakkan sikat gigi dengan gerakan melingkar. Gerakan ini dilakukan beberapa kali pada semua permukaan gigi.

2. Sikat permukaan depan dari setiap gigi. Ingat, usahakan untuk terus menjaga sudut 45 derajat antara sikat gigi dan gusi.

3. Ulangi metode langkah dua pada semua permukaan gigi. Gosok merata di bagian samping kanan dan kiri.

4. Sikat juga gigi geraham. Ini tidak boleh terlewat karena Anda menggunakan bagian gigi ini untuk mengunyah bukan?

5. Untuk membersihkan bagian dalam permukaan gigi, miringkan sikat secara vertikal dan buat beberapa gerakan melingkar kecil dengan bagian depan sikat.

6. Terakhir, sikat lidah Anda. Menyikat lidah akan membantu menyegarkan napas dan membersihkan mulut dari bakteri.

No comments: