Monday, October 14, 2013

Risiko Makan Daging Kambing Berlebih, dari Ambeien Sampai Kolesterol Tinggi

Banyak orang merayakan Idul Adha dengan membuat makanan yang terbuat dari daging kambing seperti sate dan gulai. Tapi hati-hati, terlalu banyak mengonsumsi daging kambing justru akan mengacaukan.

"Dampak langsung akibat mengonsumsi daging kambing berlebihan adalah sembelit. Nanti kalau sembelit susah buang air besar dan berdarah, maka akan mengakibatkan ambeien," kata dr H Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP dalam rilisnya yang diterima seperti ditulis Senin (14/10/2013).

dr Ari menambahkan jika orang yang bersangkutan mempunyai penyakit GERD, penyakit di mana asam atau isi lambung berbalik arah ke esophagus lalu ke tenggorokan maka kemungkinan GERDnya akan bertambah parah setelah mengonsumsi daging kambing berlebihan GERD.

Selain sembelit dan memperparah GERD, dr Ari juga mengingatkan bahwa konsumsi berlebih daging kambing bisa menimbulkan efek jangka
panjang yaitu meningkatnya kadar lemak dan kolesterol darah.

Menurut dr Ari, daging kambing seperti daging merah lainnya yang berjadar lemak tinggi. Apalagi lemak hewani biasanya mengandung lemak jenuh.

"Lemak jenuh ini banyak mengandung lemak jahat yang bisa menumpuk pada dinding pembuluh darah kita. Selain lemak, daging kambing juga
mengandung protein hewani yang dibutuhkan untuk mengganti sel-sel yang rusak dan sebagai zat pembangun," jelas dr Ari.

No comments: