Wednesday, August 15, 2012

Rutin Minum Air Putih Redakan Sakit Kepala dan Migrain



Jakarta, Minum air putih tak hanya bermanfaat untuk melepas dahaga dan membantu menurunkan berat badan. Nyatanya, sebuah studi baru menemukan bahwa minum air putih secara rutin juga mengurangi tingkat keparahan sakit kepala dan migrain, termasuk meredakannya.
Peneliti dari University of Maastricht, Belanda mengemukakan bahwa minum 7 gelas air putih dalam sehari sudah mampu meredakan nyeri dan meningkatkan kualitas hidup pasien yang sering mengalami sakit kepala.

Hasil penelitian menunjukkan, partisipan yang diminta meminum air putih menunjukkan penurunan nyeri yang signifikan akibat sakit kepala yang sering dialaminya.

"Kami menduga sejumlah pasien sakit kepala mendapatkan manfaat dengan meminum lebih banyak air sehingga kami bisa merekomendasikan pasien lainnya agar minum lebih banyak air putih dalam jangka pendek untuk melihat apakah mereka mengalami kemajuan atau tidak," ujar peneliti.

Namun, menanggapi hal ini, Dr. Fayyaz Ahmad dari Migraine Trust menyatakan bahwa manfaat minum air putih yang ditemukan dalam studi ini hanyalah efek plasebo.

"Rutin minum air putih yang rutin itu sehat dan banyak orang yang merasa lebih baik karenanya," terangnya seperti dilansir dari zeenews, Rabu (15/8/2012).

Studi ini telah dipublikasikan dalam jurnal Family Practice.

Dr. Mark Spigt dan timnya melibatkan lebih dari 100 pasien yang sering mengalami sakit kepala ringan hingga parah. Kemudian peneliti meminta separuh partisipan untuk meminum 1,5 liter air putih perhari selama tiga bulan, lebih banyak dari asupan air yang normal dikonsumsi partisipan untuk meredakan ketidaknyamanan akibat sakit kepalanya.

Di akhir studi, partisipan juga diminta mengisi kuesioner berjudul indeks Migraine-Specific Quality of Life untuk menyatakan apa yang partisipan rasakan pasca mengonsumsi air putih selama studi

No comments: