Thursday, September 12, 2013

Eddi Brokoli, Aktif Donor Darah dan Sudah Daftar Jadi Pendonor Mata

Keinginan untuk bisa berbagi dengan sesama membuat artis Eddi Brokoli (36) rajin donor darah. Di usianya kini jika dijumlahkan ia sudah melakukan donor darah sebanyak 43 kali. Selain itu, ia nyatanya juga sudah mendaftar untuk menjadi pendonor mata.

"Gue melihat kalau mau mengajak orang lain berbuat kebaikan itu harus dilakukan dulu. Alhamdulillah dengan donor darah gue yang bolong-bolong, di umur 36 tahun ini gue udah 43 kali donor. Harusnya bisa 50-an lebih sih," ungkap Eddi.

Eddi mengungkapkan rutinitas donor darahnya sempat bolong karena ia pernah 2 tahun tak donor sama sekali. Selain untuk kesehatan dirinya sendiri, Eddi juga aktif mengajak orang-orang di sekitarnya untuk rutin donor darah.


"Kemarin gue lagi ramai sama anak-anak supporter Arsenal Indonesia Supporter Bandung, Alhamdulillah gue bisa ngajak mereka untuk donor. Dari 17 orang di donor darah yang pertama, nah pas di donor darah yang kelima udah 70 orang. Itu gue seneng banget," papar Eddi.

Baginya menyumbangkan sesuatu untuk orang lain yang berasal dari tubuhnya sendiri dirasakan jauh lebih mudah dari menyumbangkan apapun, termasuk salah satunya menyumbang uang. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mau donor darah, apalagi jika memang secara medis kita memenuhi syarat.

"Gue selalu punya prinsip, membantu orang dengan menggunakan apa yang ada di badan kita itu mudah. Beda dengan kalau nyumbang uang, lo harus cek saldo tabungan dulu. Berapa ya yang pas, segini kekecilan nggak ya? Atau malah kebanyakan? Kalau apa yang sudah ada di tubuh lo, itu mudah banget," tutur Eddi.

Eddi yang memiliki golongan darah O ini juga mengingatkan bahwa ada alasan lain mengapa kita tidak boleh menunda atau bahkan menolak untuk rutin donor darah. "Gue selalu ngajak orang untuk donor dengan cara begitu, tinggal datang dan lo juga nggak bakal kenapa-kenapa. Justru setiap kantong darah yang lo sumbangkan bisa menyelamatkan 3 nyawa yang membutuhkan. Alangkah indahnya kan?" tegas Eddi.

Selain rajin donor darah, Eddi juga nyatanya telah terdaftar sebagai pendonor mata. Ia didaftarkan oleh ayahnya sejak ia masih sekolah di sekolah menengah pertama. "Gue juga sudah daftar donor mata, lebih bermanfaat kan daripada dimakan cacing nanti?" ujarnya sambil tertawa.

No comments: