Thursday, June 23, 2016

Kenali Ciri Vaksin Palsu: Label Tak Jelas dan Harga Cenderung Murah


Kenali Ciri Vaksin Palsu: Label Tak Jelas dan Harga Cenderung MurahJakarta, Terungkapnya praktik pembuatan vaksin palsu di Tangerang oleh Bareskrim Polri pada Selasa (21/6) lalu mengkhawatirkan beberapa orang. Terutama mungkin bagi mereka yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya karena menjadi area jual vaksin palsu tersebut.

dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K), dari RS Cipto Mangunkusumo dan pendiri Rumah Vaksin terkait hal ini mengatakan agar tak mudah tertipu ada beberapa hal yang bisa diperhatikan. Vaksin yang asli telah melalui proses pembuatan yang ketat bahkan melebihi obat sehingga dari kemasannya saja sudah khusus.

"Kita bisa curiganya gini kemasannya nggak rapi, agak belepotan, tutupnya beda, label juga nomor batchnya nggak terbaca dengan jelas. Untuk vaksin produksi Bio Farma misalnya itu ada label VVM (vaccine vial monitor) yang susah dibikinnya," papar dr Piprim Kamis (23/6/2016).

"Label itu bisa berubah warna kalau vaksin sudah terkena panas karena harusnya kan dia disimpan di tempat dingin. Vaksin asli ada label indikator itu sementara yang palsu belum tentu," lanjut dr Piprim. 

Selain dari kemasan, hal lainnya yang juga patut dicurigai adalah dari segi harga. Untuk bisa membuat vaksin diperlukan proses pengujian panjang dengan biaya yang tak sedikit sehingga berdampak pada harga jual yang relatif mahal.

Apabila ada satu produk vaksin dijual dengan harga jauh lebih rendah dari vaksin lainnya untuk penyakit yang sejenis, maka waspada produk tersebut palsu.

"Saya pernah ketemu vaksin combo harganya beda, di distributor yang resminya 800 ribuan tapi ini yang beredar harganya 500 ribu. Nah itu kan kita nggak tahu isinya apaan," pungkas dr Piprim.

No comments: