Wednesday, March 19, 2014

Rajin Bawa Bekal ke Kantor, Bobot Leonardi Turun 19 Kg

Membawa bekal dari rumah bisa memberikan banyak keuntungan dan juga manfaat, salah satunya bisa mengatur asupan nutrisi yang cukup. Leonardi Chandrawibawa (30) bahkan berhasil membuktikan bahwa membawa bekal ke kantor bisa membantu menurunkan berat badan. Pria kelahiran 5 Agustus 1983 ini menceritakan pengalamannya diet uniknya, seperti ditulis pada Rabu (19/3/2014):

Pada akhir tahun 2012 saya dan istri melakukan pengecekan kadar lemak dan massa otot di salah satu pusat kebugaran sekitar rumah. Tidak sesuai dengan dugaan saya, umur sel saya mencapai 63 tahun dengan usia saya pada waktu itu 29 tahun, sementara umur sel istri saya 28 tahun dan umur fisiknya 29 tahun. Semenjak mengetahui hasil pemeriksaan tersebut, tekad saya untuk melakukan diet semakin kuat.

Saya kemudian bergabung di pusat kebugaran tempat saya memeriksakan diri. Agar mencapai hasil yang maksimal, saya menggunakan jasa seorang pelatih pribadi. Pelatih tersebut memberikan pola makan dan juga latihan yang harus saya jalani. Memang tidak mudah menjalankan hal tersebut, namun keinginan saya sangat kuat sehingga saya sanggup menjalani hal tersebut.

Pada masa awal saya menjalankan diet tersebut, banyak rekan kantor yang mencemooh saya, tetapi hal itu semakin memotivasi saya untuk membuktikan bahwa saya bisa melakukannya.

Menu sarapan saya adalah roti gandum dan juga oatmeal. Untuk makan siang, saya makan nasi merah beserta sayuran dan lauk-pauk. Jika setelah makan saya masih merasa lapar, saya akan makan buah-buahan atau roti gandum. Menu makan malam saya sama dengan makan siang.

Jika pada malam hari saya masih merasa lapar saya bisa makan susu atau yoghurt rendah lemak atau buah. Sebenarnya pola makan saya biasa saja, yang saya lakukan hanyalah mengurangi jajan di pinggir jalan. Lebih baik saya membawa bekal ke kantor daripada harus jajan sembarangan.

Selain berolahraga di pusat kebugaran, saya juga melakukan olahraga sendiri jika sedang keluar kota. Seperti latihan kardio, circuit training, push-up, atau sit-up.

Pada bulan ketiga saya menjalankan program ini, sudah ada hasil yang terlihat. Pakaian yang biasa saya gunakan mulai kebesaran. Setelah 6 bulan menjalankan program ini, berat badan saya telah turun sebanyak 19 kg. Berat saya yang sebelumnya 91 kg sekarang menjadi 72 kg. Menurut pelatih pribadi saya, jika kita melakukan program ini dengan sabar dan disiplin maka kita akan berhasil menurunkan bobot tubuh.

No comments: