Saturday, December 3, 2016

Pakar Gizi: Diet Tinggi Protein Bisa Bantu Turunkan Berat Badan


Pakar Gizi: Diet Tinggi Protein Bisa Bantu Turunkan Berat Badan Jakarta, Sedang ingin menurunkan berat badan dan tampil lebih langsing? Yuk pilih-pilih menu protein. Studi sebutkan diet tinggi protein seperti pada diet Atkins dan diet South Beach, dapat meningkatkan efektivitas penurunan berat badan.

Demikian disampaikan oleh studi oleh University of Minnesota dan telah dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition Education and Behaviour.

Studi ini dilakukan dengan survei pada 1.824 wanita berusia 40-60 tahun. Informasi yang diminta adalah mengenai kebiasaan makan dan berat badan. Ditemukan bahwa responden yang mengonsumsi protein dalam jumlah cukup memiliki berat badan yang cenderung lebih stabil. Sebagian juga mengalami penurunan bobot yang lebih stagnan.

"Informasi mengenai pemilihan sumber protein yang tepat menjadi penting bagi masyarakat, terutama bagi wanita yang sedang ingin menurunkan berat badan," tutur Aldrich.

Dalam studi-studi sebelumnya, diet tinggi protein sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan seperti peningkatan metabolisme, peningkatan massa otot, serta pengendalian kadar glukosa. Sumber utama untuk kelompok protein nabati adalah mi, roti serta kacang-kacangan. Sementara kelompok protein hewani mengonsumsi produk susu tanpa lemak serta daging putih dan ikan.

Dikutip dari Times of India, jika dikombinasikan dengan diet tinggi karbohidrat, diet protein juga bisa menyehatkan usus dan sistem cerna. Peneliti dari University of Sydney, Australia, Andrew Holmes, dalam studinya yang telah dipublikasikan dalam jurnal Cell Metabolism, menjelaskan bahwa ketersediaan nitrogen usus untuk mikroba dalam usus memainkan peran penting. Menurut Holmes, makanan yang dikonsumsi sangat memengaruhi komposisi mikroba dalam usus.

No comments: